Thursday, 12 July 2018

Penggolongan Aset, Kewajiban dan Ekuitas

Thursday, 12 July 2018

Campuranpedia.com - Aset dan Kewajiban dikelompokan kedalah Aset Lancar dan tidak lancar, kewajiban lancar dan Kewajiban tidak Lancar.  Pengelompokan seperti itu hanyalah merupakan suatu kelompok besar yang akan dirinci lebih lanjut. Susunan Aset dan Passiva dalam Neraca adalah sebagai berikut :


Aset
   Aset Lancar
          Investasi 
          Aset Tetap Berwujud
          Aset Tetap tidak berwujud
          Aset Lainnya


Kewajiban dan Ekuitas
   Kewajiban
        Kewajiban Lancar
        Pendapatan diterima dimuka
        Kewajiban Jangka Panjang
        Kewajiban Lainnya


 Modal Sendiri/Ekuitas
        Modal saham yang disetor
        Agio/Disagio Saham
        Laba Ditahan


Masing-masing golongan diatas akan diuraikan pengertiannya dan elemen-elemen yang termasuk didalamnya


Aset

FASB dan Concept Nomor 3 -Elements Of Financial StatementsOf Business Enterprise menyatakan bahwa aset adalah manfaat ekonomis di masa yang akan datang yang diharapkan akan diterima oleh suatu badan usaha sebagai hasil dari transaksi-transaksi di masa lalu.  Suatu aset mempuyai tiga sifat pokok yaitu :
  • Mempunyai kemungkinan manfaat di masa yang akan datang yang berbentuk kemampuan  (baik sendiri atau kombinasi dengan aset lainnya) untuk menyumbang pada aliran kas masuk dimasa yang akan datang, baik langsung maupun tidak langsung.
  • Suatu badan usaha tertentu dapat memperoleh manfaatnya dan mengawasi manfaat tersebut
  • Transaksi-transaksi yang menyebabkan timbulnya hak perusahaan untuk memperoleh dan mengawasi manfaat tersebut sudah terjadi


Aset Lancar

Yang di maksud dengan aset lancar adalah uang kas dan aset lain atau sumber-sumber yang diharapkan akan direalisasi menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi selama siklus usaha perusahaan yang nirmal atau dalam waktu satu tahun mana yang lebih lama.

Elemen-elemen yang termasuk dalam aset lancar adalah sebagai berikut:
  1. Kas yang tersedia untuk usaha sekarang dan elemen yang dapat disamakan dengan Kas, misalnya cek, miney order,pos wesel, dan lain-lain
  2. Surat-surat berharga yang merupakan investasi jangka pendek
  3. Piutang dagang dan Piutang wesel
  4. Piutang pegawai, anak perusahaan dan pihak lain jika diterima dalam waktu satu tahun
  5. Piutang angsuran dan piutang wesel angsuran, jika merupakan hal yang umum dalam perdagangan dan akan dilunasi dalam jangka waktu satu tahun.
  6. Persediaan barang dagang, bahan mentah, barang dalam proses, barang jadi, bahan-bahan pembantu, dan bahan-bahan serta suku cadang yang dipakai dalam pemeliharaan alat-alar/mesin
  7. Biaya-biaya yang dibayar dimuka seperti asuransi, bunga, sewa, pajak-pajak, bahan pembantu dan lain-lain.


Ditanjau dari batasan bahwa aset lancar adalah kas atau aset lain yang diharapkan dapat segera diubah menjadi uang, maka sesungguhnya biaya-biaya maka sesungguhnya biaya dibayar dimuka tidak memenuhi kriteria sebagai aset lancar, karena biaya dibayar dimuka tidak akan kembali menjadi uang 

Investasi Jangka Panjang

Elemen yang termasuk dalam Investasi jangka panjang adalah sebagai berikut :
  1. Investasi jangka panjang dalam surat-surat berharga seperti sahan, obligasi dan wesel jangka panjang.  "Investasi dalam bentuk ini biasanya ditunjukan untuk memperoleh pendapatan tetap, mengawasi perusahaan lain atau menjaga kontinuitas suplai bahan baku dan lain-lain".
  2. Investasi dalam anak perusahaan, termasuk uang muka jangka panjang 
  3. Investasi dalam bentuk aset tetap berwujud (seperti tanah, mesin-mesin) tetapi belum digunakan untuk usaha sekarang.
  4. Penyisihan dana untuk tujuan jangka panjang seperti dana pelunasan Obligasi, dana ekspansi, dana pembelian saham sendiri, dana oembayaran pensiun, dana penggantian gedung dan lain-lain.
  5. Cash surrender value dari polis asuransi jiwa 


Aset Tetap Berwujud

Aset tetap berwujud adalah aset yang dimiliki perusahaan yang memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun (seperti tanah,gedung,kendaraan dan lain-lain).
Cara mencantumkan didalam neraca adalah aset yang memiliki Umur paling panjang , disusul dengan yang lebih pendek umurnya.

Aset Tetap tidak berwujud

Adalah aset yang dimiliki perusahaan atau hak-hak jangka panjang yang dimiliki perusahaan seperti goodwill, hak paten, merek dagang, hak cipta dan lain-lain.

Aset Lainnya

Aset lainnya adalah aset-aset yang tidak dapat dimasukan dalam kelompok kelompok lain seperti titipan kepada penjual untuk menjamin kontrak, bangunan dalam pengerjaan, Piutang -piutang jangka panjang, uang muka pada pejabat perusahaan dan lain-lain.

Kewajiban dan Modal sendiri

Kewajiban adalah pengorbanan manfaat ekonomis yang akan timbul dimasa yang  akan datang yang disebabkan oleh kewajiban-kewajiban di saat sekarang oleh suatu badan usaha yang akan dipenuhi dengan mentransfer aset atau memberikan jasa kepada badan usaha lain dimasa yang akan datang sebagai akibat dari transaksi dimasa lalu.
Modal sendiri adalah hak milik sisa (residual interest) dalam aset suatu badan usaha yang tersisa setelah dikurangi hutang, dalam suatu badan usaha, modal sendiri adalah hak pemilik.

Kewajiban Lancar

Kewajiban Lancar adalah kewajban yan peluansannya akan memerlukan penggunaan sumber-sumber yang digolongkan dalam aset lancar atau dengan menimbulkan suatu utang baru.  Yang termasuk kewajiban lancar adalah sebagai berikut :
  • Utang dagang, yaitu Kewajiban yang timbul dari pembelian barang dagangan atau jasa
  • Utang wesel adalah kewajiban yang memakai bukti tertulis berupa kesanggupan akan membayar pada tanggal tertentu.
  • Taksiran hutang pajak adalah jumlah pajak penghasilan yang diperkirakan untuk laba periode yang bersangkutan.
  • Utang biaya yaitu biaya-biaya yang sudah menjadi beban tetapi belum diabayar
  • Kewajiba lain-lain yang akan dibayar dalam tempo 12 bulan.


Pendapatan diterima dimuka

Pedapatan diterima dimuka adalah penerimaan -penerimaan yang tidak meruapakan pendapatan utnuk periode yang bersangkutan.

Kewajiban jangka panjang

Kewajiban jangka panjang adalah kewajiban yang peluansannya tidak menggunakan sumber-sumber aset lancar, misalnya utang obligasi, utang wesel jangka panjangdan lain-lain yang sifat sama.

Kewajiban Lain-lain

Yang termasuk Kewajiban lain misalnya utang obligasi yang aka jatuh tempo tetapi akan dilunasi dari dana peluansan obligasi, utang jangka panjang kepada pejabat perusahaan atau keapada anak perusahaan dan lain-lain.

Modal Sendri

Modal sendiri adalah perbedaan antara aset dan kewajiban dan merupakan kewajiban perusahaan kepada pemilik.   dalam perusahaan perseroangan, modal ditunjukan dalam satu rekening yang diberi nama Modal.

Buku Referensi :Intermediate Accounting Edisi 7, Zaki Baridwan, BPFE Yogyakarta.


Show comments
Hide comments