mEjug6nr23kA9Kx4RKoGjGkgW8m28l6BS70Jo2uW
Bookmark

Pengertian dan Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi keuangan

Akuntansi Manajemen

Sumber gambar akuntansilengkap.com
Ada dua istilah yang sering digunakan dalam menggambarkan akuntansi manajemen, yaitu Management Accounting dan  Managerial Accounting. 
Akuntansi Manajemen adalah (management Accounting) proses mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menyiapakan, menganalisis, menginterpretasikan dan mengomunikasikan kejadian ekonomi yang digunakan manajemen untuk melakukan perencanaan, pengendalian,, pengambilan keputusan,  dan penilaian kinerja dalam organisasi (Baldric  Siregar dkk, 2:2013).
ada dua esensi utama dalam pengertian akuntansi  manajemen yang diuraikan diatas, yaitu penyediaan informasi dan penggunaan informasi tersebut.

Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Akuntansi Manajemen merupaakn tipe akuntansi yang mengolah data untuk menghasilkan informasi yang ditujukan kepada pihak internal perusahaan.  Informasi tersebut di manfaatkan oleh pihak internal perusahaan untuk menjalankan aktivitas manajerial perusahaan.
Sedangkan akuntansi keuangan merupakan type akuntansi yang mengolah data untuk menghasilkan informasi keuangan yang ditujukan kepada pihak luar perusahaan.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

1.  Pemakai Utama Informasi

         Informasi yang dihasilkan Akuntansi manajemen pemakai utamanya adalah Pihak internal perusahaan.  sedangkan akuntansi keuangan pemakai utamanya adalah pihak eksternal perusahaan.

      
2.  Restriksi
     Pada dasarnya tidak adak restriksi dalam mengolah input dan memproses data untuk menghasilan informasi manajemen.  Namun, pedoman yang lazim digunakan untuk menghasilkan informasi akuntansi adalah perbandingan antara biaya manfaat (cost benefit) .  Apabila biaya penyajian lebih kecil daripada manfaat yang diperoleh,makan informasi tersebut pantas disajikan begitu juga sebaliknya.
Restriksi dalam Akuntansi keuangan adalah PABU (Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum).  Salah satu elemn PABU yang menjadi dasar utam pencatatan transaksi keuangan adalah PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan).


3.  Jenis Informasi
     Informasi yang dihasilkan akuntansi manajemen berupa akuntansi keuangan dan non keuangan.  Contoh informasi keuangan yang dihasilkan adalah informasi biata produk, penjualan dan baiya.  
sedangkan informasi yang dihasilkan akuntansi Keuangan hanya informasi keuangan.  Informasi yang disajikan didalam laporan keuangan seperti Laba rugi, posisi Keuangan, Perubahan ekuitas dan Laporan arus kas.

4.  Orientasi Waktu
     Akuntansi manajemen berorientasi pada masa depan.  Hal ini terkait dengan relevansi.  salah satu kriteria relevansi tersebut adalah digunakan untuk memprediksi.  Misalnya rencana penjualan, rencana produksi, dan targer laba.
Sedangkan akuntansi keuangan orientasi masa lalu.  Semua data yang dicatat adalah data yang sudah terjadi atau data historis.  Data akuntansi yang belum terjadi tidak boleh dicatat.

5.  Lingkup Informasi
      Informasi yang disajikan akuntansi manajemen terperinci.  Perencanaan, Pelaksanaan, pengendalian, penilaian kinerja dan pengambilan keputusan dilakukan terhadap semua aktivitas secara terperinci.
Sedangkan akuntansi keuangan informasi yang disajikan ringkas.  Cakupan informasinya adalah aspek perusahaan secara menyeluruh sehingga penyajiaanya tidak detail terhadap aktivitas tertentu.

6.  Bidang Pengetahuan
      Akuntansi manajemen terkait dengan berbagai bidang pengetahuan, sedangkan akuntansi keuangan terkait dengan bidang pengetahuan akuntansi.
Proses manajerial membutuhkan berbagai jenis pengetahuan.  Ilmu ekonomi dan manajemen dibutuhkan untuk menjalankan bisnis secara umum.  ilmu psikologi diperlukan untuk mengembangkan dan memotivasi karyawan.

Akuntansi keuangan hanya membutuhkan ilmu ekonomi, khususnya akuntansi.  Perlakuan terhadap suatu transaksi didasarkan pada standar akuntansi .


Daftar Pustaka
Siregar, Baldric, Dkk, 2013 . Akuntansi Manajemen. Salemba Empat
Post a Comment

Post a Comment