Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsumsi, Investasi dan Peranan Pasar Modal

 

 
Konsumsi dan Investasi

Investasi menurut Jogiyanto (2015;5) Penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukan kedalam aset produktif selama periode waktu yang tertentu.

Selain itu, investasi juga dapat diartikan sebagai  menyimpan uang dalam jumlah dan jangka waktu tertentu dengan harapan mendapatkan imbal hasil atau keuntungan di masa yang akan datang.

Melakukan investasi sering diibaratkan dengan menunda kenikmatan demi memperolah kehidupan yang lebih baik ke depannya.

Menunda kenikmatan ini yang biasanya menjadi hal tersulit dilakukan bagi masyarakat terutama kids jaman now.

Hal itu sangat manusiawi dan lumrah terutama bagi teman-teman yang baru mengecap nikmatnya dunia kerja dan mendapatkan uang hasil dari kerja keras dan keringat sendiri. Wah rasanya pengen belanja setiap hari.

Tujuan berinvestasi tak lain adalah untuk menjauhi hal buruk yang mungkin terjadi di masa depan dengan segala bentuk ketidakpastian hidup. Karena perubahan dan ketidakpastian di dunia adalah hal yang mutlak maka sangat penting untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Selain itu investasi juga membantu kita dalam melawan inflasi. Kenaikan inflasi yang terus terjadi menjadikan kita perlu lebih hati-hati dalam melindungi aset-aset kita agar nilainya tidak turun.

Terdapat banyak sekali instrumen investasi yang dapat kita pilih sebagai cara untuk melindungi kekayaan seperti memiliki bisnis peternakan/perkebunan, emas, tanah, properti, saham, obligasi, tabungan, deposito, dan lainnya.


Konsumsi adalah pemakaian sumber daya yang ada untuk mendapatkan kepuasan atau utiliti. Konsumsi adalah pemakaian barang hasil produksi atau setiap tindakan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai ekonomi suatu benda

Konsumsi dan investasi merupakan dua kegiatan yg berkaitan. Penundaan konsumsi sekarang(Ko) dapat diartikan sebagai investasi untuk konsumsi di masa mendatang(K1). Individu melakukan melakukan konsumsi dengan memakai sumber daya yg ada untuk mendapatkan kepuasan atau utility. Setiap individu diasumsikan melakukan konsumsi lebih dari konsumsi yg kurang. Asumsi ini dapat diartikan bahwa utility marginal dari konsumsi adalah positif, yaitu penambahan konsumsi akan meningkatkan utility (kepuasan). Asumsi yg lain adalah bahwa utility marginal dari konsumsi sifatnya adalah menurun, yaitu peningkatan utility untuk konsumsi yg sama akan semakin lebih kecil dari sebelumnya

Contoh : memakan makanan, memakai baju, mengendarai kendaraan motor, menggunakan barang elektronik, dll

Proses menunda konsumsi kemudian mengalihkan ke aset yang lebih produktif dan dalam jangka waktu tertentu merupakan definisi dari investasi. Keuntungan bersih yang telah dikurangi dengan segala macam biaya tersebutlah yang disebut sebagai passive income dan digunakan oleh mereka untuk belanja (konsumsi) barang yang paling mereka inginkan.


Jenis-jenis Investasi

  1. Investasi langsung adalah investasi dimana Investor langsung membeli aset keuangan pada perusahaan. Contoh Tabungan da Deposito
  2. Investasi tidak langsung adalah Pembelian saham dari perusahaan investasi yang mempunyai portofolio aktiva keuangan dari perusahaan-perusahaan lain.  Contoh Saham, Obligasi, Reksadana dll

 

Peranan Pasar Modal

    Pasar modal merupakan sarana perusahaan untuk meningkatkan kebutuhan dana jangka panjang dengan menjual saham atau mengeluarkan obligasi. Untuk menarik pembeli dan penjual untuk berpartisipasi, pasar modal harus bersifat likuid dan efisien. Suatu pasar modal dikatakan likuid jika penjual dapat menjual dan pembeli dapat membeli surat-surat berharga dengan cepat. Pasar modal dikatakan efisien jika harga surat-surat berharga mencerminkan nilai dari perusahaan secara akurat.


    Pasar modal juga mempunyai fungsi sarana alokasi dana yang produktif untuk memindahkan dana dari pemberi pinjaman ke peminjam. Alokasi dana yg produktif terjadi jika individu yang mempunyai kelebihan dana dapat meminjamkannya ke individu lain yang lebih produktif yang membutuhkan dana. Sebagai akibatnya, peminjam dan pemberi pinjaman akan lebih diuntungkan dibandingkan jika pasar modal tidak ada.

 

Post a Comment for "Konsumsi, Investasi dan Peranan Pasar Modal"