Tuesday, 24 July 2018

Pengertian definisi Akuntansi Menurut American Accounting Association

Tuesday, 24 July 2018

Campuranpedia.com - Terkadang kita sebagai orang yang awam terhadap akuntansi akan sangat susah untuk beradaptasi dengan Salah satu jurusan yang banyak diminati ini.
Oke kali ini kita akan membahas apa itu akuntansi terlebih dahulu

1. Pengertian Akuntansi

Menurut American Accounting Association (AAA), Accounting is the process of identifying, measuring, ad communicating economic information to permit informastion judgmenr and decision by user of the information.  Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporakan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan infrormasi tersebut.
Sedangkan menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)Accounting is the art of recording, classifying and summarizing in a significant manner and terms of money, transaction and events which are, in part at least, of finacial character, and interpreting the result there of.  Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat finansial dan penafsiran hasil-hasilnya
Berdasarkan kedua defenisi akuntansi diatas, dapat disimpulkan pengertian akuntansi sebagai berikut: 
  • Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, dan pelaporan informasi ekonomi keuangan.
  • Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna untuk penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak yang memerlukan

2. Cara bisa cepat menjurnal

Bagaimana sih caranya agar kita bisa cepat menjurnal, oke sob, menjurnal itu mudah kita cukup pahami dulu persamaan dasar akuntansinya.  Oke berikut adalah Persamaan dasar akuntansinya :

Aset+Beban=Kewajiban+Ekuitas+Pendapatan
Oke setelah kita memahami persamaan dasar akuntansi diatas maka kita harus pahami saldo normal dari persamaan tersebut, oke langsung aja kita bahas ya

  • Aset memiliki saldo normal di debit, aset akan bertambah di debit dan akan berkurang di kredit. Akun yang memiliki saldo normal di debit adalah Kas, Piutang, Perlengkapan, Kendaraan dan lain-lain.  sebagai ilustrasi apabila kita melakukan pembelian Perlengkapan secara tunai, maka Aset dengan akun perlengkan akan bertambah didebet dan aset denga akun Kas akan berkurang di kredit
  • Beban memiliki saldo normal didebit, sehingga penambahan beban akan selalu di debit dan pengurangan beban di kredit. Contoh akun beban, Beban Gaji, Beban sewa dan lain-lain.  Ilustrasi Perusahaan membayar gaji karyawan untuk bulan desember, maka akun yang berpengaruh adalah Beban Gaji bertambah di debit dan Aset yaitu Kas berkurang di kredit .
  • Kewajiban memiliki saldo Normal di kredit, Jadi kewajiban akan selalu bertambah di kredit dan berkurang di debit. Contoh Akun kewajiban Hutang dagang. Ilustrasi Perusahaan melakukan pembelian Perlengkapan secara Kredit. Maka akun yang berpengaruh adalah Kewajiban yaitu Hutang dagang bertambah di Kredit dan Aset Pada  Perlengkapan bertambah di debit. Ketika dilakukan pembayaran maka akun yang berpengaruh adalah Kas berkurang di kredit dan Hutang dagang berkurang  di debit.
  • Ekuitas. Pada dasarnya ekutas sama dengan kewajiban perlakuannya, saldo normal ekuitas yaitu di Kredit, Ekuitas akan bertambah dikredit dan akan berkurang di debit. ilustrasi pemiliki[ perusahaan menambah setoran modal ke perusahaan XXX, sehingga dengan adanya penambahan ini akan berpengaruh terhadap ekuitas yaitu pada Akun modal pemilik bertambah disisi kredit dan Aset pada akun kas bertambah di Debit.
  • Pendapatan Bersaldo normal di kredit sehingga Pendapatan akan bertambah di kredit dan berkurang di debit. 

Show comments
Hide comments