Sunday, 15 December 2019

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email yang Harus Kamu Perhatikan

Sunday, 15 December 2019

Campuranpedia.com - Diera modern yang serba digitalisasi seperti saat ini, dimana hampir semua kegiatan dilakukan melalui internet.  Perkembangan jaman yang begitu cepat tentu saja akan menyebabkan adanya perubahan.  Salah satunya adalah perubahan bagi pencari kerja.  Dahulu ketika kita ingin melamar sebuah pekerjaan, kita harus mencari informasi lowongan dengan bersusah payah, mulai dari membeli koran, hingga mendatangi perusahaan untuk menanyakan lowongan yang tersedia.  Namun di era digitalisasi saat ini, pencari kerja sangat dimudahkan, Hanya dengan duduk didepan komputer atau dengan menggunakan smartphone, para pencari kerja dengan mudah mendapatkan informasi lowongan kerja.  Proses rekrutmen di era digitalisasi tentu juga berbeda dengan jaman dulu, sekarang kita hanya perlu Apply lewat Email atau melalui situs pihak ketiga atau melalui situs rekrument resmi perusahaan.



Nah kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengirim lamaran kerja melalui email. Tentu saja mengirim lamaran lewat email tidak asal-asalah seperti halnya kamu chating. Ada hal-hal yang harus kami perhatikan dalam mengirim lamaran Via Email, diantaranya sebagai berikut:

1. Ubah berkas lamaran dalam bentuk Pdf
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah file atau dokumen lamaran kamu dalam bentuk Pdf, File yang harus diubah dalam bentuk Pdf adalah file-file yang sudah di persyaratkan oleh perusahaan seperti Surat lamaran kerja, daftar riwat hidup, Ijazah dan transkip nilai dan lain-lain.  Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah ukuran file, jangan terlalu besar, usahakan ukurannya maksimal 2 MB.

2. Perhatikan Subject Email atau Judul Email 
Nah ini juga penting, Banyak pelamar kerja yang mengabaikan subject email ini, padahal subjet email itu penting agar HRD Perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi lamaran kamu.  Sebaiknya jika dalam informasi lowongan kerja diminta mencantumkan subject email misal posisi yang dilamar, Maka pada subject email yang akan kamu kirimkan cantumkan misalnya "Sales Executive".
Cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email harus mencantumkan berkas-berkasmu dengan cara di attach. Namun bukan berarti pada body email kamu bisa membiarkannya dalam keadaan kosong. Pada body email bisa kamu tuliskan identitas diri kamu beserta nomor kontakmu dan bagaimana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut (cover letter). Gunakan bahasa yang formal namun jangan terlalu panjang.

3. Lampirkan berkas persyaratan untuk posisi yang hendak kamu lamar
Setelah kamu menuliskan subjet dan Body Email, langkah berikutnya adalah melampirkan file atau dokumen yang sudah kamu jadikan Pdf tadi kedalam email.  Perlu diketahui untui Pas Foto usahakan mengirimkan dalam bentuk Jpeg, Jpg atau Png.  Jika dalam informasi lowongan kerja yang kamu dapatkan berkas lamaran diminta dijadikan Rar* atau Zip, maka kamu harus menggabungkan semua berkas lamaranmu kedalam Folder, selanjutnya dijadikan Rar atau Zip.

4. Periksa ulang semua persyaratan sebelum dikirim
Hal yang paling penting dalam cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email adalah kamu harus menggunakan alamat email yang aktif. Setelah melengkapi semua berkas, body email dan nama subject email dengan benar, periksa kembali sebelum mengirimnya. Perhatikan bentuk filemu berkasmu, kesalahan tulisan dan hal lainnya.

Jangan mengada-ada dan usahakan jangan ada kesalahan tulisan (typo) agar tak mengurangi poinmu. Selain itu, kamu cukup melamar satu posisi saja dalam satu perusahaan. Hal lain, coba kamu mulai membersihkan akun media sosialmu. Beberapa HRD biasanya akan mengecek keseharianmu melalui postingan media sosial.

Demikian cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email yang perlu kamu ketahui. Walaupun hanya melalui media online, kamu harus tetap teliti dan jangan terburu-buru untuk mengirim berkas lamaranmu. Jika kamu ingin mengirim ulang email lamaran kerja, pastikan gunakan bahasa dan etika yang sopan.

Oke jadi mudah-mudahan setelah kamu membaca postingan ini, postingan ini bisa menjadi referensi buat kamu untuk mengirim lamaran kerja Via Email.  Pastikan kamu melamar posisi yang sesuai dengan keahlianmu.  Jangan melamar pekerjaan yang jelas-jelas dari persyaratan kamu sudah tidak memenuhi kualifikasi ya.

Referensi Liputan6.com

Show comments
Hide comments