mEjug6nr23kA9Kx4RKoGjGkgW8m28l6BS70Jo2uW
Bookmark

Pengertian dan Jenis-Jenis Opsi

Option atau Opsi adalah kontrak untuk membeli atau menjual aset sekuritas dengan harga tetap pada atau sebelum jatuh tempo.

Opsi adalah hak untuk melakukan sesuatu.  Karena merupakan hak (rights), maka pemodal atau manajer keuangan bisa melakukan atau tidak.

Jenis-Jenis Opsi
Opsi dibedakan menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut
 
Opsi Beli atau Opsi Call (Call Option)
Opsi beli  atau call option adalah kontrak untuk membeli aset.  Opsi call adalah menunjukkan hak untuk membeli suatu saham dengan harga tertentu (harga ini disebut sebagai exercise price) pada tanggal tertentu.  Tanggal  jatuh tempo tersebut disebut sebagai exercise date.
 
Misalkan seseorang menawarkan opsi call sebagai berikut:
Bila kita membeli opsi call tersebut, maka satu tahun yang akan datang kita bisa memperoleh opsi adalah saham A dengan harga Rp 10.000 dari penerbit opsi tersebut.  Terlepas dari berapa harga yang tersedia kita bayar untuk opsi tersebut.  Bila pada saat opsi call jatuh tempo harga saham A di bawah Rp 10.000, maka nilai call tersebut sama dengan nol rupiah.

Bila harga saham di atas Rp 10.000, maka kita akan memperoleh keuntungan jika meng-exercise-kan kontrak opsi saham tersebut.  Dalam keadaan seperti ini nilai call akan sebesar harga pasar opsi adalah dikurangi dengan execise price.

Opsi Jual (put option)
Opsi jual atau put option adalah kontrak yang digunakan untuk menjual aset. Pembeli atau pemilik puts memiliki hak untuk menjual aktiva tertentu pada harga tertentu di masa yang akan datang.

Contoh
Jika ada tawaran untuk membeli opsi put, dimana Anda bisa menjual saham A kepada orang tersebut dengan harga Rp 10.000 satu tahun yang akan datang.

Maka opsi put akan memiliki nilai, bila harga saham A pada saat jatuh tempo di bawah Rp 10.000.  Pada saat harga saham A, misalnya Rp 8.000, akan datang ke pihak yang menerbitkan opsi put tadi dan memintanya untuk membeli saham A sebesar Rp 8.000.  Maka sesaat sebelum opsi put di-exercise-kan, nilai opsi tersebut adalah:
 
Rp 10.000 – Rp 8.000 = Rp 2.000
 
Sebaliknya, pada saat harga saham di atas exercise price, maka nilai opsi put akan sama dengan NOL.  Nilai tertinggi opsi put (put option) adalah pada saat harga saham sebesar nol rupiah. Pada saat itu nilai put akan sebesar Rp 10.000 sama dengan exercise price-nya.



Download Materi PPT Disini

 

Post a Comment

Post a Comment