mEjug6nr23kA9Kx4RKoGjGkgW8m28l6BS70Jo2uW
Bookmark

Menganalisis Transaksi - Materi Pengantar Akuntansi

Campuranpedia.COM - Analisis transaksi merupakan kegiatan yang penting dalam tahapan siklus akuntansi. Analisis digunakan untuk mengetahui pengaruh dari transaksi terhadap akun-akun sehingga membentuk persamaan dasar akuntansi.
Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis transaksi:
  1. Tentukan akun-akun yang dipengaruhi oleh transaksi. Seperti kas, piutang, beban sewa, pendapatan jasa dan lain-lain
  2. Tentukan kategori dari akun yang dipengaruhi oleh transaksi. Apakah termasuk akun Aset, liabilitas, modal, prive, pendapatan atau beban.
  3. Tentukan apakah transaksi tersebut menambah atau mengurangi akun. Contoh: jika anda menerima kas, berarti akun kas bertambah.
  4. Lihat aturan mendebit dan mengkredit 
  5. Masukkan nilai nilai transaksi ke dalam akun disisi debit atau kredit berdasarkan aturan mendebit dan mengkredit.

ATURAN DEBIT DAN KREDIT
Kategori Saldo Normal Bertambah Berkurang
Aset
Liabilitas
Ekuitas
Pendapatan
Beban
Prive
Debit
Kredit
Kredit
Kredit
Debit
Debit
Debit
Kredit
Kredit
Kredit
Debit
Debit
Kredit
Debit
Debit
Debit
Kredit
Kredit


Dari tabel diatas dapat kita simpulkan jika Aset, Beban dan Prive memiliki saldo normal disisi sebelah debit, artinya Saldo dari Aset, beban dan prive akan bertambah disisi debit dan akan berkurang disisi sebelah kredit.   

Sedangkan untuk Liabilitas, Ekuitas dan Pendapatan memiliki saldo normal di kredit, ini artinya saldo liabilitas, ekuitas dan pendapatan akan selalu bertambah disisi sebelah kredit dan berkurang disisi sebelah debit.

Nah dengan memahami aturan debit Kredit diatas, maka proses pencatatan transaksi kedalam jurnal dapat dengan mudah untuk dilakukan.


Sebagai contoh Pada tanggal 1 Januari 2023 Tn. Ali menyetorkan modalnya dalam bentuk kas Sebesar Rp. 25.000.000 untuk mendirikan perusahaan Jasa Service AC yang diberi Nama ALI BERJAYA SERVICE.

Analisis
  1. Nah atas transaksi diatas kita bisa melakukan analisis tahap pertama, yaitu menentukan akun apa yang dipengaruhi oleh transaksi diatas, apakah akun kas, beban, pendapatan atau yang lainnya.  Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bawah transaksi diatas melibah akun Kas (terlihat dari setoran dalam bentuk uang tunai) dan Modal (tujuan penyetoran uang tersebut digunakan sebagai modal awal pendirian Usaha).
  2. Nah setelah kita mengetahui akun apa saja yang terlibat atas transaksi diatas, baru lah kita tentukan, akun-akun yang terpengaruh diatas masuk dalam kategori apa, apakah masuk dalam aset, liabilitas, ekuitas, beban atau Pendapatan.  Dari hasil analisa diketahui bahwa akun kas merupakah bagian dari aset dan Modal bagian dari Ekuitas.
  3. Langkah ketiga baru lah kita tentukan pengaruh dari transaksi diatas, apakah menambah atau Mengurangi.  Nah dari transaksi diatas diketahu bahwa pengaru transaksinya ialah menambah nilai kas dan menambah nilai modal.
  4. Lakukan pemeriksaan menggunakan pedoman debit dan kredit.  Nah dikarenakan pengaruh transaksi adalah menambah nilai aset dan menambah nilai ekuitas, Maka dapat kita simpulkan, jika kas (merupakan bagian dari aset) bertambah disisi debit dan Modal (merupakan bagian dari Ekuitas) bertambah disisi kredit.
  5. Setelah kita mengetahui pengaruh dari transksi terhadap akun, langkah selanjutnya adalah mencatatnya kedalam jurnal dengan mendebit akun kas sebesar 25.000.000 dan mengkredit akun Modal sebesar Rp. 25.000.000

Materi PPT Pertemuan 2 Bisa di Unduh disini


Soal Tugas
  1. Pada tanggal 2 Januari 2023 Tn. Arka Menyetorkan uang Tunai sebesar Rp. 50.000.000, Peralatan Rp. 12.000.000 dan Perlengkapan Rp. 1.500.000 sebagai Modal Awal pendirian perusahaan Jasa Periklanan, yang diberi nama CV. Arkenz Advertising
  2. Pada tanggal 3 Januari 2023 dibayar sewa Ruko untuk jangka Waktu 2 Tahun sebesar Rp. 12.000.000
  3. Tanggal 4 Januari 2023 diterima pembayaran pemasangan iklan untuk jangka waktu 1 Bulan dari PT. Sri Asih sebesar Rp. 12.000.000
  4. 10 Januari 2023 dibayar biaya Iklan untuk 10 Kali tayang sebesar Rp. 500.000 disalah satu stasin Televisi Lokal
  5. 25 Januari 2023 dibayar Gaji Karyawan bulan januari sebesar Rp. 5.500.000
  6. 29 Januari 2023 dibayar biaya Listrik Air dan Telpon sebesar Rp. 750.000
  7. 31 Januari 2023 diterima pembayaran pemasangan iklan sebesar 25.000.000 untuk jangka waktu 3 Bulan dari PT. Berkah Berjaya

Diminta
1. Buatlah Analisis atas transaksi diatas serta jurnal untuk mencatat transaksi diatas
2. Deskripsikan hasil analisis anda kedalam bentuk kalimat dan buatkan tabel
Post a Comment

Post a Comment