mEjug6nr23kA9Kx4RKoGjGkgW8m28l6BS70Jo2uW
Bookmark

Cara Cepat Bisa Membuat Jurnal Umum

Campuranpedia.com - Membuat jurnal adalah salah satu kegiatan akuntansi yang harus dilalui untuk membuat laporan keuangan.  Membuat Jurnal umum tentu saja tidaklah mudah bagi sebagian orang yang awam atau baru mengenal akuntansi. Baiklah sebelum kita ketopik utama yaitu jurnal Umum sebaiknya kita pahami dulu apa itu akuntansi dan Definisi dari Jurnal Umum

Menurut American Accounting Association (AAA) Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Jurnal Umum / General Journal adalah jurnal yang dipergunakan untuk mencatat semua jenis Bukti transaksi yang terjadi sebagai akibat adanya berbagai transaksi keuangan perusahaan dalam satu periode.

Untuk bisa menjurnal kita tentu perlu mengidentifikasi suatu bukti transaksi, kita harus mampu menganalisa bukti transaksi, jenis transaksi apakah bukti transaksi tersebut.
Setelah kita berhasil menganalisa transaksi tersebut, barulahlah kita mengidentifakasi akun apa saja yang timbul dari transaksi tersebut.
Setelah kita berhasil menganalisa dan bukti transaksi tersebut barulah kita bisa melakuan pencatatan bukti transaksi tersebut.

Contoh

Analisa
Transaksi diatas, adalah transaksi penerimaan kas dari Bpk. Salim Sutardi atas penjualan Buku Tulis dengan Nilai Rp. 150.000.
Akun yang terkait dengan transaksi diatas adalah sebagai berikut
Akun terkait transaksi diatas, tentu saja harus kita catat kedalam Kas/Bank untuk mencatat penerimaan uang tunai dari Bpk. Salim Sutardi di Debit dan Akun Penjualan di Kredit.
Kenapa Akun Kas/Bank ini dikarenakan akun Kas/Bank adalah akun yang digunakan untuk menampung semua transaksi penerimaan maupun pengeluaran kas.
Lalu kenapa penjualan, ini dikarenakan UD.Ida Jaya melakukan Penjualan Buku Tulis kepada Bp. Salim Sutarji sehingga untuk menampung Transaksi penjualan kita catat pada akun penjualan.

Oke sekian sedikit cerita dari saya mengenai cara menjurnal, apabila ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.


Post a Comment

Post a Comment