Unsur-unsur Pengendalian Mutu Kantor Akuntan Publik

Pengendalian mutu Kantor Akuntan Publik harus diterapkan oleh setiap KAP pada semua jasa audit, atestasi, akuntansi dan IreviwI, dan konsultasi yang standarnya elah ditetapkan oleh IAPI ( IAPI, SPAP, 2011 : 16000.1). Sistem Pengendalian Mutu KAP mencakup kebijakan dan prosedur pengendalian mutu, penetapan tanggung jawab, komunikasi dan pemantauan (IAPI, 2011 : 17000.1). Unsur-unsur pengendalian mutu yaitu :

1. Indenpendensi
Untuk memberikan keyakinan memadai bahwa, pada setiap tingkat organisasi, semua personel mempertahankan indenpensensi sebagaimana diatur oleh Kode Etik Profesi Akuntan Publik No. 100, Indenpensi, Integritas, dan Objetivitas memuat contoh-contoh penerapan yang berlaku untuk akuntan publik.

2. Penugasan Personel
Untuk memberikan keyakinan memadai bahwa perikatan akan dilaksanakan oleh staf profesional yang memiliki tingkat pelatihan dan keahlian teknis untuk perikatan tersebut.

3. Konsultasi
Untuk memberikan keyakinan memadai bahwa personel akan memperoleh informasi memadai sesuai k]yang dibutuhkan dari orang yang memiliki tingkat pengetahuan, kompetensi, pertimbangan (judgment), dan wewenang memadai.

4. Supervisi
Untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa pelaksanaan perikatan memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh KAP.

5. Pemekerjaan (Hiring)
Untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa semua orang yang dipekerjakan memilikikarakteristik semestinya, sehingga memungkinkan mereka melakukan penugasan secarakompeten.

6. Pengembangan Profesional
Untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa personel memiliki pengetahuan memadai sehingga memungkinkan mereka memenuhi tanggung jawabnya.

7. Promosi (Advanvement)
Untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa personel yang terseleksi untuk promosi memiliki kualifikasi seperti yang disyaratkan untuk tingkat tanggung jawab yang lebih tinggi.

8. Penerimaan dan Keberlanjutan Klien
Untuk menentukan apakah perikatan dari klien akan diterima atau dilanjutkan untuk meminimumkan kemungkinan terjadinya hubungan dengan klien yang manajemennya tidak memiliki integritas.

9. Inspeksi
Untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa prosedur yang berhubungan dengan unsur-unsur lain pengendalian mutu telah diterapkan dengan efektif.

Anda Ingin mendapatkan Update dari CampuranPedia.com, Silahkan ikuti kami dengan cara menambahkan Email anda dibawah ini (Periksa E-mail Anda Buka E-mail yang berisi tautan Berlangganan, lalu klik Link Verifikasi):

0 Response to "Unsur-unsur Pengendalian Mutu Kantor Akuntan Publik"

Post a Comment